Satu Untuk SEMUA Untuk satu

Pendakianku Ke Gunung Gede Pangrango

 

Berikut adalah sebuah perjalanan yang sangat melelahkan beberapa waktu lalu

Aku masih ingat ketika itu yang ada dalam benaku, apakah aku masih mampu untuk melakukan perjalanan ini,  Ini adalah sebuah perjalanan yang kali terakhir hingga saat ini, kalau nggak salah aku mendaki 4 tahun silam pada suatu acara pertemuan Mahasiwa Pencinta Alam Se Indonesia atau paling singkat disebut dengan TWKM, Waktu itu lokasinya di Jogjakarta, tahulah gunung yang paling sering menjadi sasaran empuk adalah Gunung Merapi..

Sambil meminta pendapat salah seorang teman saya dari Mapala Unisaspala yang pada waktu itu lagi melakukan Pra pendidikan, aku sambil memikirkan Sungguh Aku Tak melakukan persiapan apapun. tanpa mempertimbangkan resiko apapun yang hanya bermodalkan NEKAD, akupun memutuskan untuk melakukan perjalanan ini..Yah Perjalanan Ke Gunung Gede Pangrango.

Gunung Gede Pangrango terletak di pulau Jawa, Provinsi Jawa Barat. Gunung Gede-Pangrango adalah satu-satunya gunung yang paling sering di daki di Indonesia, kurang lebih 50.000 pendaki per tahun, meskipun peraturan dibuat seketat mungkin, bisa jadi karena lokasinya yang berdekatan dengan Jakarta dan Bandung. Untuk mengembalikan habitatnya biasanya tiap bulan Agustus ditutup untuk pendaki juga antara bulan Desember hingga Maret. Untuk mengurangi kerusakan alam maka dibuatlah beberapa jalur pendakian, namun jalur yang populer adalah melalui pintu Cibodas dan Gn.Putri.

Untuk mengunjungi Taman Nasional Gn.Gede-Gn.Pangrango diberlakukan sistem booking, 3-30 hari sebelum pendakian harus booking dahulu. Pendaftaran pendaki hanya dilanyani di Wisma Cinta Alam kantor Balai Taman Nasional Gn. Gede-Pangrango ( Pos Cibodas) pada hari kerja (senen-jumat) pada jam kantor. Serta untuk Pos Gn. Putri dan Pos Salabintana sudah tidak melayani ijin pendakian, tapi hanya sebagai pos kontrol. Pada saat ini hanya Jalur pada Pos Cibodas dan Gn. Purtri yang paling sering dilalui oleh para pendaki, sedangkan untuk jalur Salabintana jarang dilewati karena sebagian jalur sudah tertutup. Saya beserta teman saya yang dari Mapala Unisaspala As Syafi’iyah mengambil rute cibodas yang paling sering di lalui.   Pemandangan pada jalur Pos Cibodas kita dapat menikmati keindahan satwa dan beberapa tempat menarik seperti Telaga Biru, air terjun Ciberem dan Air Panas.

Terutama sekali kita dapat menemukan aliran air sepanjang jalan hingga pos Kandang Badak, suatu pos persimpangan jalan antara Gunung Gede dan Pangrango. Cibodas atau Gunung Putri dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum jurusan Jakarta – Bandung. Turun di Cipanas atau pertigaan Cibodas, disambung dengan mobil angkutan kecil jurusan Cipanas – Cibodas, atau Cipanas – Gunung Putri. Selain dikenakan tiket masuk Taman dan Asuransi, pengunjung diwajibkan meninggalkan photocopy Tanda Pengenal dan menunjukkan Tanda pengenal asli.  Melalui Cibodas puncak Gunung Gede dapat ditempuh selama 10 jam  Dari jalur Cibodas, terdapat beberapa pos peristirahatan yang berupa bangunan beratap yang sangat bermanfaat untuk berteduh dan menghangatkan badan. Sebaiknya tidak mendirikan tenda di dalam pos karena mengganggu para pendaki lainnya yang ingin berteduh.

Sebelum pos Kandang Batu kita akan melewati suatu lereng curam yang sangat berbahaya, yang dialiri air panas, pendaki perlu ekstra hati-hati karena sempit dan licin namun banyak pendaki berhenti untuk menghangatkan badan. Sebaiknya tidak berhenti di sini sangat menggangu pendaki lainnya, selain itu sebaiknya menggunakan sepatu, panasnya air sangat terasa bila kita hanya menggunakan sandal.

Mandi di sungai di Pos Kandang Batu ini yang berair hangat sangat menyegarkan badan, menghilangkan capek dan kantuk. Membantu melancarkan aliran darah yang beku kedinginan. Jangan gunakan sabun, odol, shampoo, karena banyak pendaki mengambil air minum di sungai ini. Membuka tenda di Pos ini sangat mengganggu perjalanan pendaki lainnya.

Meninggalkan Pos Kandang Batu kita akan melewati sungai yang kadang airnya deras sehingga hati-hati dengan sendal yang dipakai. Mendekati Kandang Badak, kita akan mendengar suara deru air terjun yang cukup menarik dibawah jalur pendakian. Kita bisa memandang ke bawah menyaksikan air terjun tersebut, atau turun ke bawah untuk mandi bila air tidak terlalu dingin.

Bagi pendaki sebaiknya mengisi persediaan airnya di pos Kandang Badak, karena perjalanan berikutnya akan susah memperoleh air. Setelah kandang Badak perjalanan menuju puncak sangat menanjak dan melelahkan disamping itu udara sangat dingin sekali. Disini terdapat persimpangan jalan, untuk menuju puncak Gn.Gede ambil arah ke kiri, dan untuk menuju puncak Gn.Pangrango ambil arah kanan. Persiapan fisik, peralatan dan perbekalan harus diperhitungkan, sebaiknya beristirahat di pos ini dan memperhitungkan baik buruknya cuaca.

Di atas puncak gunung Gede dengan latar belakang gunung Pangrango. Puncak Gede sangat indah namun perlu hati-hati, kita dapat berdiri dilereng yang sangat curam, memandang ke kawah Gede yang mempesona, apalagi pemandangan pada saat matahari terbit. Dilereng-lereng puncak ditumbuhi bunga-bunga edelweis berwarna warni yang indah nan menawan.

Dari puncak Gede kita bisa kebawah menuju alun-alun SuryaKencana, dengan latar belakang gunung Gumuruh. Terdapat mata air yang jernih dan tempat yang sangat luas untuk mendirikan kemah.

Ketka sampaia dipuncak aku mendapat teman baru, mereka ada dalam dua kelompok yang pertama dari bandung dan kelompok kedua dari tim SAR Papua, sambil berpose ala artis kami langsung bergabung, yah pasti bagi anda sudah dapat membayangjkan berbagi keceriaan dan pengalaman.  Inilah saat saat terindah bagi para pendaki, ketika tiba di ketinggian.

Karunia yang diberikan Allah kepada kita tidak terbatas, saya masih bisa menikmati anugrah ini.. Ya Allah terimakasih atas nikmat yang telah kau berikan kepada kami, ternyata kami hanya sosok kecil di perhadapkan akan ciptaaanmu.  Setelah cukup lama dipuncak kenangan ini, maka kamipun sepakat untuk meninggalkan tempat tersebut. sesaat setelah berlahan meninggalkan puncak akupun menoleh kebelakang sambil berucap ” hemm..akhirnya…///?

 

26 responses

  1. Melelahkan tapi menyenangkan. Makasih atas kunjungannya diblog pribadiku http://www.marwanazis.wordpress.com, senang bisa menyapa teman-teman Mahacala via blog. Salam (www.greenpressnetwork.com)

    Agustus 2, 2008 pukul 3:23 am

  2. gagah sekali memang cowok yg pake PDL….. senyumnya mo saya…

    Agustus 2, 2008 pukul 7:08 am

  3. sipur

    kalo pulang di sini ajarkan juga bikin blog nah.. coang..?

    masih kurang senyumnya tmank… mana slayernya…

    Agustus 2, 2008 pukul 8:49 pm

  4. Bagus kalo komasuk juga di web http://www.pakdenono.com/

    Sebagai pertimbangan aliran …

    Agustus 2, 2008 pukul 9:38 pm

  5. mahacalaunhalu

    @ Marwan Aziz

    Terimakasih kembali atas kinjungannya,,kapan2 anda dapat mengirimkan tulisan ataupun beberapa masukan kepada kami demi terwujudnya visi dan misi kita bersama-sama.
    Blog ini masih jauh dari kesempurnaan, maaf jika kurang memungkingkan.

    @ Bayu..

    Kurang2mi itu jii. habis jatuh dari got.
    zip thanks..

    @ sipur

    Wah.. itu yang saya tidak sanggup lakukan kalo senyum sementara difoto jie..
    saya sudah berkunjung, tapi semuanya menyangkut download2 an..versi ingris lagi jadi selalu berkutan dipermasalahan arti..he..he
    lain kali saya hanya menampilkan tanggapan hanya mengenai permasalaha yang ada dalam linhkup mahacala. tidak untuk yang lain.

    Kalo masalah blog seharusnya sama bayu kamu minta ajar, masalahnya sya juga baru belajar juga jie..

    Thanks atas kesediannya

    Agustus 3, 2008 pukul 1:53 pm

  6. diian bUmi

    emang sangad meLeLahkand
    tppi

    bikin kangen..

    pasti ma0 nanjak agii..

    iiaagh kand,,?

    sayang bunga edeLweisnya ggag boLeh diambiL…

    sALam pendaki..

    Oktober 21, 2008 pukul 12:47 pm

  7. JAKMAPA

    Ok Banget Deehh..Gunung Gede Pangrango!!!
    tiada yang lebih indah dari penyatuan atas kepadaNya, CiptaNya/karyaNya dan kita apabila turut melestarikannya.
    Jakmapa ucapin Salam panggilan suara gunung OOoiiii..! BRAVO Pendaki.!!!

    Oktober 28, 2008 pukul 5:58 am

  8. aat

    Selamat atas kelahiran putri mu jii smoga umur panjang, banyak rezeki, amien

    November 2, 2008 pukul 1:40 pm

  9. mahacalaunhalu

    @diaan Bumi

    Memang sangat melelahkan, anda berminat…

    @Jakmapa
    Selayaknya kita harus bersyukur atas ciptaanya, dan kita mesti menjaganya..
    Semoga anda merupakan bagian dari itu..

    @aat

    Eh Bapanya…Tumben kesini boz..bagaimana sudah kuning gigimu gara2 emas kah..Slamat bergabung di halaman mahacala unhalu, smoga partisipasi bapak lebih mengesankan..sory jiee,..saya tidak kennako ini..

    Namanya boz kecilku Fatimah asZsahra..

    salam sama Mamanya bilal.

    Salam lestari

    November 3, 2008 pukul 9:35 am

  10. ML 10169 OB

    kayaknya keren sekali kita pake baju mahacala…

    November 19, 2008 pukul 11:22 am

  11. coang gw mo ralat pos yang bis lewat air panas bukan kandang batu tapi kandang badak.ok boss

    November 21, 2008 pukul 9:02 pm

    • mahacalaunhalu

      @Jay..

      Makasih atas infonya, mungkin terlalu banyak batu akhirnya saya sampai menyebutnya kandang batu. Oke boz..salam sama teman2 di Unisaspala

      Desember 6, 2008 pukul 8:08 am

  12. saya lum pernah naek gunung pangrango,
    say liat dari cerita n gambar2 sangat mempesona bgt bagi saya,.heheheh
    saya masih kuliah n saya MAPALA EDEN CLUB bandung,Universitas Advent Indonesia,.

    thanks be for
    Salam Kenal

    November 26, 2008 pukul 10:09 am

    • mahacalaunhalu

      @Natanael

      Pokoknya dijamin asyik, silahkan hubungi teman2 di Unisaspala, dijamin dapat melihat secara langsung,

      Sala Lestari

      Desember 6, 2008 pukul 8:10 am

  13. rizky

    w kngen bgt sma keindahan alam . .

    mudah”dalam waktu dekat ini w bsa naik gunung lagi . .

    amien .

    Desember 23, 2008 pukul 2:16 pm

  14. apkah ada keinginan untuk melakukan pendakian bersama dgn klompok pencinta alam yang lain atau menjalin persahabatan untuk sekedar bertukar informasi…..?????

    Januari 5, 2009 pukul 8:00 am

  15. euis

    gede-pangrango memang indah…

    Januari 19, 2009 pukul 4:21 am

  16. mau ikut dong?????

    karna w blm prnah naik gunung
    abiz w blh ma nyokp w

    bsk2 klw naik gunung blg2 w ya ok

    Juni 11, 2009 pukul 8:27 am

  17. mahacalaunhalu

    @reny

    Makasih atas komentarnya, insyaallah jika anda berminat akan kami upayakan, tinggal bagaimana silaturahminya..

    Juni 13, 2009 pukul 3:18 pm

  18. ok punya picture nya kang!!!

    Agustus 24, 2009 pukul 5:35 pm

  19. mahacalaunhalu

    Makasih, dah mampir

    Agustus 28, 2009 pukul 12:19 pm

  20. dewi

    waw keren bgt y, gw yg baru idul fitri kesana aja ketagihan.

    Oktober 16, 2009 pukul 10:07 am

    • mahacalaunhalu

      Makasih mba dewi udah mampir

      Oktober 29, 2009 pukul 5:21 am

  21. tegi unisi

    salam lestari buat teman2 mahacala….!!!
    oh aco bergaya sekali ko cesss……
    bgm kabarmu…??

    Juni 10, 2010 pukul 4:44 pm

    • mahacalaunhalu

      Tegi…Salam lestari.

      bagaimana kabar..lama nda bersua, kabarnya baik teman, jalan2 ke sekret nah

      September 20, 2010 pukul 10:28 am

  22. sekret masih d kampus lama?

    September 20, 2011 pukul 1:10 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s