Satu Untuk SEMUA Untuk satu

ARTIKEL

Sejumlah Aktivis Lingkungan Tanam Mangrove di Teluk Kendari

Salah Satu Calon Wakil Walikota Ambil Bagian

Kendari, Kepres – Dalam rangka memperingati hari lingkungan, sejumlah aktivis lingkungan di daerah ini yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Lingkungan Hidup, Senin (11/6), kemarin, melakukan penanaman bakau (mangrove) di Teluk Kendari.
Menariknya, diantara sekian banyak puluhan aktivis lingkungan tersebut terlihat sosok salah seorang calon Wakil Walikota Kendari Periode 2007-2012. Sosok itu adalah Ir Anas Nikoyan MSi yang pada pemilihan Walikota Kendari, 18 Juni 2007, ia berpasangan dengan dr Asrum Tombili MKes.

Kegiatan yang diprakarsai Mahasiswa Pencinta Alam (Mahacala) Unhalu itu melibatkan sekitar 30-an aktivis lingkungan dari berbagai organisasi dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), diantaranya; Walhi Sultra, BPDAS Sampara, PPLH Unhalu, Jauh Sultra, Yascita, Lepmil, Mahacala Unhalu, Suluh Indonesia, Navernos Unhalu, YPSHK Sultra, Solidaritas Perempuan (SP) Kendari, Kammi Sultra, Komunitas Desa, dan Komunitas Beber.
Dalam kegiatan yang dimulai sekitar pikul 14.00 Wita itu, puluhan aktivis lingkungan ini menyediakan 500 pohon bibit mangrove. “Kami menyediakan 500 pohon mangrove. Hari ini (kemarin, red) semua bibit mangrove yang tersedia ini harus tertanam semua,” jelas Ketua Mahacala Unhalu, Aqsar Meopa yang pada kegiatan penanaman itu bertindak sebagai koordinator lapangan.
Di tempat yang sama, Eksekutif Daerah Walhi Sultra, Arif Rachman menjelaskan, penanaman bakau yang mereka lakukan itu merupakan salah satu bentuk aksi riil para penggiat lingkungan dalam melestarikan lingkungan. “Selain kita giat melakukan kampanye pentingnya pelestarian lingkungan, kita juga aktif melakukan kerja-kerja riil seperti menanam mangrove di Teluk Kendari ini,” katanya.
Sementara itu, Anas Nikoyan yang turut berjemur terik matahari menanam mangrove mengatakan, aksi sejumlah aktivis lingkungan menanam mangrove di Teluk Kendari, kemarin, merupakan bentuk kepedulian sebahagian komunitas kota tentang pentingan pelestarian lingkungan, khususnya di Teluk Kendari.
Nilai yang terpenting dari kegiatan itu, menurut Anas, adalah pembelajaran bagi semua pihak tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan Teluk Kendari. “Semoga saja kegiatan ini dapat menggugah semua pihak sehingga melibatkan diri secara bersama-sama untuk menyelamatkan lingkungan, khususnya Teluk Kendari,” harap Anas.
Bagi Anas, pelestarian lingkungan dan penyelamatan Teluk Kendari akan berjalan efektif bila semua pihak yang peduli tidak bekerja secara parsial (sendiri-sendiri). “Gerakan pelestarian lingkungan, khususnya penyelamatan Teluk Kendari harus kita lakukan secara simultan (bersama-sama dan menyeluruh), mulai dari pemerintah sampai ke kelompok-kelompok masyarakat. Dengan demikian, semua permasalahan, mulai dari pedangkalan teluk, banjir dan abrasi dapat diketahui sebab-akibatnya, sehingga untuk melahirkan sebuah solusi tidak kesulitan,” terang Anas Nikoyan. AKU-P3/B/IAN

4 responses

  1. yuyun ariani.H

    Salam Lestari,,,, Salut….. Kegiatan seperti diatas perlu lebih ditingkat lagi.. masih banyak permasalahan_permasalahan lingkungan yan ad dKota kendari inI yang perLu kita seLesaikan bersama_sama.

    Desember 9, 2009 pukul 6:12 am

  2. carhum rahmat

    setiap kegiaan harus dilakukan secara beulang ulang . oleh karna itu kegiatan tersebut perlu dilakukan diluar teluk kendari juga.

    Juni 14, 2010 pukul 8:20 am

    • mahacalaunhalu

      Terimakasih atas saranya yang positif, perlu kami masukan dalam kegiatan berikutnya. salam kenal

      September 20, 2010 pukul 10:29 am

  3. rabiyah

    ir.anas nikoyan,sosok dosen yang sangat cerdas dalam berpikir

    Februari 2, 2011 pukul 3:55 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s